Kamis, 06 September 2012

7 Fakta Unik Terbang Menggunakan Pesawat

Gambar unik – Jika anda adalah orang yang sering terbang menggunakan pesawat, mungkin sudah sering mengalami ketika lampu yang terdapat dalam sabuk pengaman menyala-nyala tanpa kita tahu penyebabnya. Kadang juga kita terheran-heran kenapa pesawat tidak mempunyai bangku dengan nomor 13?

fakta unik peswat terbang 7 Fakta Unik Terbang Menggunakan Pesawat
Sebuah situs Scyscanner bekerjasama dengan news Australia untuk mengungkap fakta unik yang terdapat dalam pesawat. Berikut ulasannya:
  1. Sinyal pada handphone dapat menyebabkan kecelakaan pada pesawat terbang: Fakta unik dan mitos yang satu ini memang masih dipertanyakan tentang kebenarannya. Banyak para ahli yang menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik yang terdapat pada ponsel dapat mengganggu berbagai peralatan elekto yang terdapat pada pesawat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak penerbanganpun melarang para penumpangnya untuk menggunakan ponsel disaat dalam penerbangan sedang dilakukan.
  2. Seputar bangku pesawat yang paling aman: Ini adalan fakta unik sesungguhnya, ternyata ada bangku pesawat yang dinilai lebih aman bagi para penumpang tersebut. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah wawancara pada dua ribu korban kecelakaan pesawat yang selamat. Mereka mengatakan bahwa bangku yang membuat mereka merasa aman adalah bangku yang terdekat dengan pintu darurat dan lima jajar sebelum dan sesudah pintu darurat itu sendiri.
  3. Makanan sama tapi beda rasa: Banyak yang mengatakan bahwa rasa makanan yang disediakan dalam pesawat selalu berbeda, meskipun jenis makanan tersebut sama. Hal ini dikarenakan udara kering yang terdapat pada kabin menyebabkan terpengaruhnya hidung dalam mencium aroma makanan.
  4. Apakah aman meminum air dalam peawat?: Sebuah tes pada tahun 2009 yang dilakukan di US Environmental Protection Agency menunjukan bahwa satu dari tujuh pesawat mempunyai air minum yang cenderung kurang sehat seperti terdapatnya bakteri vitamin E. coli yang dapat muncul.
  5. Pesawat bias bikin cepat mabuk: Seorang dokter bernama Dr. Bhushan Kapur yang berasal dari fakultas kedokteran Universuty of Toronto menyatakan bahwa tingkat alkohol yang terdapat dalam darah setiap penumpang pesawat tidak akan meningkat selama penerbangan terjadi. Lalu kenapa setipa penumpang yang mengkonsumsi alcohol cepat mabuk? Hal ini dikarenakan hypoxia, kurangnya asupan oksigen karena berda dalam ketinggian dan pengaruh kabin dengan tekanan rendah.
  6. Sebagian pesawat tidak mempunyai bangku bernomor 13: Sebagian meskapai memang membuang bangku dengan nomor tersebut bukan karena percaya denagn takhayul, justru hal ini dilakukan supya penumpang yang percaya dengan takhayul tidak merasa ketakutan.
  7. Petir dapat mengakibatkan kecelakaan pesawat: Dari tahun 1967 tidak pernah terjadi kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh petir, pesawat jaman sekarang umumnya sudah lolos dari ujian petir. Jika pesawat tersambar petir, maka alimunium yang terdapat dalam badan pesawat akan mengalihkan listrik kebagian ekor pesawat untuk kemudian dibuang disitu.
Demikian fakta unik yang terdapat disekitaran pesawat terbang.

0 komentar:

Posting Komentar